Dengan berkembanya jaman saat ini membuat banyak terbuka peluang berbisnis
sangat lebar, dan banyak sekali anak muda ingin terjun memanfaatkan terbukanya pelung
berbisnis tersebut untuk menjadikan mata pencarian. Apakah anda salah satu
orang yang memanfaatkan terbuka peluang berbisnis? Jika ya, maka bisnis apakah
yang anda jalankan? Di era modern saat ini banyak sekali hal yang bisa anda
jadikan bisnis. Contohnya pada bidang Event Organizer, jelas anda sudah
mengetahui dong apa itu Event Organizer? Event Organizer sendiri adalah jasa
professional penyelenggara acara yang populer dengan singkatan EO, melihat saat
ini banyak sekali orang yang membuat acara, namun tidak tak jarang acara yang
dibuat tidak menarik walapun sudah mencari ide ide acara menggunakan laptop
yang didapatkan dari service center macbook, oleh karena itu Event Organizer itu hadir. Lalu bagaimana
cara jika ingin menjalankan bisnis Event Organizer? Apa sajakah yang harus
diperhatikan? Berikut adalah hal hal yang bisa anda persiapkan sebelum
menjalankan bisnis tersebut
- Konsep Matang
Dalam hal persiapan, dibutuhkan pula konsep acara yang baik sesuai dengan
tema acara. Konsep acara juga menjadi faktor penentu kesuksesan sebuah acara
yang digelar. Pastinya hanya dengan konsep menarik acara yang digelar akan
terasa berkesan terutama untuk orang-orang yang terlibat.
- Tim yang Solid
Memiliki anggota yang banyak tidak menjamin acara akan sukses. Tetapi
memiliki anggota yang solid dan professional dapat menjamin acara akan sukses.
Setiap anggota harus mendapat job description yang jelas serta melaporkan
progres-nya masing-masing. Sukses atau tidaknya sebuah acara atau event sangat
bergantung sekali dengan kesiapan, koordinasi maupun kerja sama antar tim yang
solid.
- Tetapkan Target Market
Sebagai EO pemula yang akan memulai bisnis ini sebaiknya Anda harus
menentukan spesialisasi EO tersebut. Anda dapat fokus terlebih dahulu ke satu
jenis acara. Seperti event organizer khusus konser musik, otomotif, pameran,
wedding ceremony atau seminar berbagai kegiatan perusahaan (launching, munas,
rakernas dll). Setelah bisnis ini berjalan dengan baik, Anda bisa mengembangkan
ke acara yang lebih luas lagi.
- Jalin Relasi bisnis
Dukungan relasi bisnis dari klien maupun sponsor merupakan kunci dari
sukses atau tidaknya sebuah acara. Apabila Anda tidak memiliki jaringan bisnis,
sebenarnya bukan menjadi masalah besar. tetapi perlu diingat bahwa EO Anda
tidak akan berkembang secepat apabila Anda telah memiliki jaringan bisnis
sebelumnya. Jadi upayakan untuk membangun jaringan dengan orang-orang yang juga
bergerak di bidang Event Organizer.
- Lakukan Evaluasi
Ketika tahap pembuatan konsep sudah selesai, Anda dapat meng-evaluasi
konsepnya untuk mencari tahu apa saja yang perlu di tambah atau diubah demi
kesuksesan acara. Di tahap ini pastikan semuanya sudah terselesaikan, karena
tahap selanjutnya adalah tahap pengerjaan acara-nya, mulai dari dekorasi,
persiapan katering dan persiapan lainnya. Pastikan juga bahwa pemilik acara
sepakat dengan konsep yang akan di jalankan tersebut.
- Penghitungan Budget yang Benar
Bisnis Event Organizer merupakan salah satu bisnis yang dalam pengerjaannya
sangat berhubungan erat dengan perhitungan data keuangan. Ketika membuat acara
tentunya antara pengeluaran dan pemasukan haruslah seimbang agar tidak
menimbulkan kekacauan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar