Senin, 01 Januari 2018

5 Penyebab Lemotnya Macbook Anda

Dengan kemajuan tehnologi di jaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang menggunakan laptop yang canggih untuk mendukung dia disetiap hal yang membutuhkan bantuan komputer jinjing tersebut.  Sebagai perangkat premium, Apple merancang Macbook menjadi sebuah komputer tangguh dengan banyak keunggulan. Untuk itulah, wajar saja jika produk-produk keluaran Apple termasuk Macbook tidak ada yang murah dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap penggunanya. Namun bagaimana pun tak ada gading yang tak retak, sesempurna apapun sebuah produk pasti ada masanya mengalami kerusakan atau kinerjanya menurun. Begitupula dengan Macbook, karena mungkin telah lama dipakai, banyaknya aplikasi yang diinstal, atau penyebab-penyebab lainnya hingga bisa menyebabkan kinerjanya tidak maksimal alias alias lemot. Nah, biar Macbook Anda bisa kembali lancar jaya seperti biasa, yuk kita kenali beberapa penyebab kenapa Macbook bisa lemot jangan sampai barang kesayangan anda di rawat pada service center macbook:

  • Hardisk Terlalu Penuh

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah harddisk (atau SSD) Anda telah penuh hingga menyebabkan Macbook Anda lemot. Dalam cara kerja Macbook, informasi yang didapat RAM akan bergantian dengan disk storage, dan dilakukan secara terus menerus. Jika penuh, OS tidak bisa bekerja secara efisien dan butuh waktu lebih lama untuk melakukan read/write data. Selain lemot, hal ini juga bisa menyebabkan crash atau program yang tidak berjalan dengan baik bisa merusak disk directory atau file cache aplikasi. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginventarisasi beberapa program dan meng-uninstall beberapa diantaranya yang jarang dipakai. Anda juga bisa menghapus beberapa file yang tidak dibutuhkan atau memindahkannya ke cloud storage.
  • Login Items Penuh

Lemot juga bisa terjadi ketika banyak sekali aplikasi yang dipaksa berjalan saat Boot Up Macbook Anda. Kadangkala terdapat beberapa aplikasi yang memasukkan dirinya ke login item tanpa sepegetahuan Anda. Untuk itu, agar penyakit lemotnya bisa teratasi cobalah untuk uncheck beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Caranya dengan masuk ke System Preferences lantas klik Accounts dilanjutkan dengan klik User Account dan tap Login Items. Di sini uncheck beberapa aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan, semoga dengan begitu penyakit lemot Macbook Anda bisa teratasi.
  • Proses liar di Background

Jika sebuah aplikasi yang sedang dijalankan hang, maka otomatis seluruh sistem tidak bisa berjalan. Memang hal ini tidak selalu terjadi, tapi Anda pasti pernah mengalaminya. Untungnya, untuk Macbook kejadian ini tidak menyebabkan OS benar-benar tidak bisa dikendalikan. Cara untuk mematikan aplikasi yang hang ini cukup mudah, yaitu dengan menekan ++Esc atau Command+Option+ Escape untuk memunculkan Force Quit dan matikan aplikasi yang membuat Macbook Anda hang.
  • Bekerjanya Time Machine

Ketika Time Machine bekerja, biasanya OS Macbook akan melakukan backup berkala dan menulis file-file baru ke hardisk eksternal yang digunakan sebagai backup. Proses ini bisa membuat Macbook Anda lemot,  terutama pas menyalin data dalam ukuran besar. Jika ini yang terjadi, lebih bijak membiarkan Time Machine menyelesaikan pekerjaannya terlebih dahulu apalagi jika ukuran file yang di-backup cukup besar. Namun jika Anda ingin melewati prosesnya, Anda membuat folder baru yang disetting untuk tidak masuk pada proses backup berkala.
  • RAM Tidak Cukup


Bisa jadi Macbook Anda lemot karena RAM yang dimilikinya sudah tidak memadai. Untuk mengobatinya ada dua cara yaitu dengan reset/clear PRAM dan NVRAM agar performanya kembali lancar seperti pemula atau dengan menambah RAM. PRAM atau Parameter Random Access Memory dan NVRAM atau Nonvolatile RAM adalah suatu wadah digital tempat memori iOS menyimpan data dan informasi yang terkait dengan kinerja hardware, seperti misalnya resolusi layar, wifi reciever, speaker volume, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak bisa meresetnya, opsi kedua bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk urusan yang satu ini, iBenerin dapat membantu Anda agar performa Macbook Anda bisa kembali optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar