membuka sebuah bisnis usaha memang keingan semua orang, saat ini peluang berbisnis terbuka sangat lebar oleh karena itu banyak pengusahan pemula maupun profesional yang ingin terjun ikut serta memanfaatkan peluan yang terbuka tersebut. Untuk menjalakan sebuah bisnis dalam kondisi kemajuan jaman saat jelas anda memiliki pesaing, oleh karena itu ketika anda ingin membuka bisnis usaha anda harus memikirkan cara marketing yang sehat bagaimana agar konsumen dapat memilih anda. Banyak cara marketing yang bisa anda gunakan sebagai contoh adalah menggunakan jasa pembuatan company profile dan jasa desain logo perusahaan sebagai tim yang membuatkan logo atau muka perusahaan anda yang menarik dan kreatif. Dalam membuat desain logo yang kreatif ada yang harus diperhatikan tidak hanyak asal membuat logo saja. Berikut cara membuat logo profesional:
1. Brief
Sebelum membuat sebuah logo profesional seorang desainer grafis harus memahami beberapa informasi mengenai klien perusahaan kalian. Ada beberapa pertanyaan yang harus didapat oleh seorang desainer logo profesional, yaitu :
- Jenis perusahaan bergerak dibidang apa?
- Siapakah target pasar perusahaan tersebut?
- Bagaimana posisi perusahaan dalam pasar?
- Berapa budget yang disediakan untuk pembuatan logo tersebut?
- Berapa lama target penyelesaian pembuatan logo tersebut?
2. Riset
Merupakan gambaran umum mengenai visualisasi konsep yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Ada 2 cara untuk melakukan riset pasar logo, yaitu dengan bertanya secara langsung kepada klien atau informan dari perusahaan dan riset melalui internet dengan mencari beberapa masukan logo dari kompetitor perusahaan tersebut. Terdapat beberapa sumber referensi yang bisa kalian gunakan sebagai pedoman dalam pembuatan logo, yaitu :
- Logopond
- Logofaves
- Logospire
- Creatticca
- LogoInspirations
3. Membuat konsep
Konsep yang ditawarkan oleh beberapa desainer grafis pada umumnya berbeda-beda. Pembuatan logo profesional pada umumnya dimulai dari sketsa tangan yang kemudian diolah dan difinishing pada software atau aplikasi grafis secara digital. Proses ini harus membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena kreatifitas desainer akan diuji dalam pembuatan sketsa tersebut. Untuk mempersingkat waktu pembuatan logo, seorang desainer akan mendiskusikan beberapa hal kepada klien yang meliputi :
- Referensi logo yang disukai
- Memberikan pertanyaan arahan mengenai perubahan logo
- Memberikan 1-2 logo alternatif dengan konsep yang jelas atau berbeda
4. Analisa logo
Sebelum mempresentasikan logo profesional, seorang desainer logo akan menganalisa terlebih dahulu mengenai hasil karya logo tersebut. Desainer grafis juga manusia, hasil karyanya juga ada sisi kekurangan. Feedback dan review sangat penting diperlukan untuk mengukur kesesuaian antara hasil logo dan harapan klien. Selalu terbuka terhadap perubahan dan sesekali mendengar saran dari klien jika diperlukan
5. Presentasi
Tahap terakhir yaitu mempresentasikan hasil pembuatan logo. Ada beberapa pertimbangan sebelum mempresentasikan logo, yaitu :
- Penjelasan mengenai konsep dasar logo
- Gunakan beberapa mock-up untuk memvisualisasikan logo misal : flyer, t-shirt, goodie bag, dan sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar