Kamis, 04 Mei 2017

5 Manfaat Kacang Hijau bagi Tubuh

Hasil gambar untuk kacang hijau

Kacang hijau yang yang disebut dengan vigna radiate adalah sejenis tanaman polong polongan atau fabaceae yang memiliki banyak sekali kandungan gizi didalamnya. Tanaman kacang hijau ini sering sekali diolah untuk dijadikan bubur kacang hijau. Dan manfaat bubur kacang hijau sendiri memang sangat bagus sekali untuk kesehatan anda. Olahan bubur dari kacang hijau ini biasanya bisa dicampurkan dengan makanan lain seperti buah, sayur maupun daging.
Manfaat kacang hijau memberikan asupan makanan sehat bagi tubuh. Banyak macam kacang-kacangan yang ada menempatkan kacang hijau menjadi salah satu kacang dengan kandungan zat yang amat baik bagi kesehatan. Kacang hijau biasa dibuat bubur untuk dikonsumsi atau dibuat es yang sangat menyegarkan. Bagi para vegetarian kacang hijau sangat digemari karena kandungan gizi yang cukup lengkap. Kandungan gizi apa sajakah yang terdapat pada kacang hijau, akan kita bahas dalam artikel ini.
banyak sekali perusahaan yang memproduksi  kacang hijau ini mulai dari yang belum jadi hingga sudah siap makan produk,company profile sangat penting apabila perusahaan anda sudah besar. karena company profile ini sangat berguna untuk mengetahuin profile perusahan anda. Banyak dari jasa pembuatan company profile menawarkan jasa mereka untuk membuat company profile.
Namun yang lebih sering adalah dibuat dengan olahan bubur kacang hijau. Nah, pertanyaannya adalah sebenarnya kandungan apa saja yang terdapat didalam bubur kacang hijau tersebut?? Dan apa manfaat dari bubur kacang hijau untuk kesehatan kita?? Nah, bagi anda yang ingin tahu akan kandungan nutrisi serta manfaatnya, anda bisa simak terus artikel berikut.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

Kacang hijau kaya akan berbagai nutrisi penting dalam tubuh, berikut ini sejumlah kandungan nutrisi pada manfaat kacang hijau :

1. Kaya serat
Kandungan serat pada kacang hijau berkisar antara (9% per 100g RDA). Serat bertindak sebagai pencahar dan juga membantu melindungi selaput lendir di usus besar, seperti manfaat pepaya. Mengurangi waktu eksposur zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus. Serat dalam jumlah yang cukup juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2. Rendah kalori
Secangkir kacang hijau mentah seberat 100 gram, hanya mengandung 31 kalori dan 2,7 gram serat. Jika ingin menjaga berat badan atau menurunkan berat badan, kacang hijau mentah dapat membantu mengisi kebutuhan kalori yang sehat. Karena mengandung biji, kacang hijau juga memiliki 1,83 gram protein. Meskipun kacang hijau memiliki rasa yang manis, tapi hanya mengandung sekitar 3,26 gram gula alami per cangkir. Sehingga membuat kacang hijau cukup baik sebagai camilan yang aman bagi penderita diabetes.

3. Untuk Ibu hamil
untuk wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena mengandung Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein, kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

4. Penyembuhan luka
Vitamin A dalam kacang hijau sangat membantu untuk proses penyembuhan luka pada kulit serta membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh.

5. Zat karotenoid
Kandungan karatenoid, Zeaxanthin  pada makanan adalah bahan yang penting dalam kacang. zat ini secara selektif diserap ke dalam makula lutea retina di mata, yang berfungsi sebagai penyaringan sinar UV. Oleh karena itu, kacang hijau menawarkan perlindungan dalam mencegah penyakit makula terkait usia (ARMD) pada orang tua.

Kandungan kacang Hijau:
- Tinggi serat, mencegah konstipasi serta membuat pencernaan menjadi lancar.
- Rendah lemak, sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang menghindari konsumsi lemak tinggi.
- Tinggi protein, kacang hijau mengandung protein yang tinggi dan merupakan sumber protein nabati.
- Asam lemak esensial, yaitu omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga mengandung omega 6.
- Karbohidrat, kandungan karbohidrat dalam kacang hijau adalah 19 gram/ 100 gram.
- Antioksidan, kandungan Fitosterol dalam kacang hijau berfungsi sebagai antioksidan.
- Mineral, kandungan mineral dalam kacang hijau diantaranya selenium, magnesium, besi, zinc, phosphorus, manganese, dan potasium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
- Vitamin, kandungan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, asam folat, thiamin, riboflavin, B6, niasin dan pantothenat yang bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi.

Jadi mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau yang sudah diolah dengan bermacam pilihan sesuai dengan selera anda, karena dengan sering mengkonsuksi kacang hijau akan membantu kesehatan tubuh serta sangat baik untuk ibu yang sedang hamil, semoga artikel yang berjudul Manfaat kacang hijau untuk kesehatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar