Senin, 23 Mei 2016

USAHA SAMPINGAN UNTUK IBU RUMAH TANGGA



Seorang pengusaha datang dari berbagai macam latar belakang. Tidak jarang dari mereka yang tidak memiliki ijazah. Sukses dari bisnis memerlukan niat, keinginan dan kerja keras. Satu hal yang penting, jangan pernah ragu untuk segera mulai berbisnis.

Ibu-Ibu kebanyakan umumnya mengandalkan penghasilan dari suaminya saja. Menilisik peluang lebih jauh, tidak salahnya seorang ibu rumah tangga bisa menggeluti bisnis dari rumah. Bahkan, dengan modal yang kecil Anda bisa segera menjadi seorang pebisnis. Walaupun masih dalam tahap bisnis (usaha) sampingan. Berikut ulasan Ide usaha sampingan Ibu rumah tangga dengan modal kecil:

#1 – Menjual Aneka Makanan Pagi
Setiap pagi hari kebanyakan orang pasti disibukkan berangkat kekantor, pergi mengajar ke sekolah dan kegiatan lainnya. Bahkan sangat sedikit Ibu rumah tangga bisa mempersiapkan sarapan pagi. Akhirnya mereka membeli aneka makanan pagi sebagai pengganti sarapan. Ini bisa Anda pertimbangkan untuk memulai usaha sampingan menjual aneka makanan pagi.
Pertama kali Anda lakukan kenali jenis aneka makanan pagi yang cocok. Seperti : berjualan nasi gurih dan aneka kue. Jika Anda belum mahir memasak nasi gurih ataupun membuat kue, bisa belajar terlebih dahulu sebelum memutuskan memulai.
Hal lainnya bisa dipertimbangkan yaitu mencari lokasi yang strategis agar usaha Anda cepat laku. Dengan menyewa lapak diwarkop, atau toko yang padat pengunjungnya sangat bagus untuk Anda jajaki.
Tidak banyak menghabiskan modal berjualan aneka makanan pagi. Rak aluminium ukuran sedang dihargai sekitar 2-3 jutaan. Sewa lapak dilokasi (didepan toko) rata-rata 30 ribu perhari. Dan modal bahan baku sekitar 1 jutaan, sudah cukup memulainya.


#2 – Bisnis Jual Beli Bunga
Pada umumnya bunga banyak disukai orang terutama kaum wanita. Tidak dipungkiri lagi, menjual bunga salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga layak untuk  Anda coba. Banyak jenis bunga-bungaan diperlukan saat event tertentu (pada acara wisuda), seperti bunga mawar, anggrek dan bunga kertas.


#3 – Beternak Atau Berkebun
Jangan malu menjalankan bisnis dengan beternak atau berkebun, sekalipun Anda seorang Ibu rumah tangga. Coba Anda perhatikan berapa kebutuhan pasar dari hasil ternak dan kebun, tentu sangat besar bukan. Contohnya; beternak ayam kampung dan berkebun sayur bayam. Kebutuhan  ini mutlak harus dipenuhi setiap hari. Untungnya, Anda tidak memerlukan skill khusus agar sukses menjalankan bisnis ternak dan berkebun.
Persiapannya tergantung apa yang akan Anda kerjakan. Sangat bagus jika rumah Anda tempati memiliki pekarangan belakang yang luas. Siapkan modal untuk membangun kandang kecil-kecilan untuk memelihara ayam kampung. Atur kandang sedemikian rupa, perhatikan pembuangan limbah dan sanitasi yang bersih.
Seekor anak ayam kampung dihargai sekitar 4 ribuan. Untuk membangun kandang tergantung besar dan kecilnya. Sesuaikan dengan jumlah ayam. Dan beli pakan ayam ditoko-toko suppliernya.


#4 – Menjadi Seorang Penulis Online (Copy Writer)
Setiap artikel dengan jumlah 500 kata dihargai 20 ribu rupiah. Bayangkan jika Anda sanggup menulis minimal 8 artikel perhari. Perharinya Anda bisa menghasilkan sebesar 120 ribu dan dikalikan 30 hari hasilnya 4.800.000. Tentunya Anda harus menulis artikel bagus, berkualitas dan tidak copy paste.
Sangat bagus jika Anda sudah memiliki sebuah laptop atau computer. Selain itu, Anda perlu belajar cara menulis sebuah artikel yang bagus. Kemudian, kunjungi forum-forum blogger (khususnya) dan tawari keahlian Anda. Bisa juga mengunjungi situs-situs ternama untuk bekerja menjadi penulis lepas. Anda dibayar sesuai kesepakatan.  Tawarkan juga jasa anda kepada digital agency , mereka butuh banyak sekali penulis lepas.


#5 – Jasa Penitipan Anak
Kebanyakan orang tua yang memiliki anak dan sibuk bekerja, pastinya membutuhkan tempat titipan anaknya, seperti PAUD dan Taman Kanak-Kanak. Sebagai Ibu rumah tangga ingin berbisnis sampingan, Anda bisa menjajaki peluang membuka jasa penitipan anak dengan menyediakan sarana di rumah Anda sendiri.
Sediakan ruang khusus bermain untuk anak-anak. Paling penting, desain ruangannya harus menarik mengikuti tema anak-anak. Belajar cara memperlakukan Anak dengan baik. Posisikan Anda seprofesional mungkin. Dan jangan lupa persiapkan banyak mainan
Cari jasa desain ruangan yang harga standar, kira-kira menghabiskan uang sekitar 500 ribu. Beli berbagai jenis mainan anak-anak menghabiskan modal kurang lebih 1 juta rupiah.
Tunggu apa lagi, jasa penitipan anak usaha sampingan ibu rumah tangga cocok bagi Anda yang ingin menambah penghasilan.


#6 – Berjualan Pulsa Elektrik
Pengguna handphone setiap hari pertumbuhannya semakin meningkat. Disamping itu, pulsa sangat dibutuhkan sebagai sarana memperlancar komunikasi. Kabar baiknya, bisnis berjualan pulsa elektrik usaha sampingan ibu rumah tangga yang menggiurkan. Setiap per satu kali transaksi besaran laba mencapai 1000-1500 rupiah.
Cukup memiliki satu ponsel dan modal 500 ribu Anda sudah bisa menjalankan bisnis berjualan pulsa elektrik dari rumah. Konsumennya menyasar orang-orang terdekat seperti tetangga.


#7 – Mencari Uang dengan Ngeblog
Trend menjadi blogger sedang berkembang di Indonesia. Percaya atau tidak, ada blogger berpenghasilan rata-rata 15 juta per bulan hanya dari sebuah blog dengan platform gratis (blogspot).
Kunci sukses menjadi seorang blogger tidak terlalu sulit. Sebagai Ibu rumah tangga, Anda tentu banyak waktu luang. Gunakan waktu luang tersebut untuk menulis. Ukuran blog sukses dan bisa menghasilkan tergantung dari tulisan berkualitas ataupun tidak.
Sebelum memulai menjadi blogger. Sebaiknya mengetahui terlebih dahulu passion Anda sendiri. Seperti; jika Anda seorang tamatan SMA yang banyak mengerti tentang ilmu pengetahuan biologi. Bangunlah blog membahas secara lengkap tentang biologi. Posisikan diri Anda sebagai seorang pemberi informasi terbaik.
Tidak banyak modal yang Anda keluarkan. Membeli domain, sewa hosting menghabiskan 300 ribu dalam setahun. Bahkan, dengan blog gratisan Anda juga bisa menghasilkan online dengan menjadi blogger. Baca lebih lanjut referensi mencari uang dari blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar