Jumat, 20 Mei 2016

Cara sukses menjalankan bisnis jahit



Bagi Anda yang ingin berbisnis tapi tak tahu ingin menjalankan bisnis apa, cobalah membuka usaha menjahit. Usaha menjahit ini bisa dimulai dari rumah dengan modal kurang lebih 2 juta rupiah saja.
Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan dari menjahit. Namun untuk memulai usaha ini, Anda harus memiliki mesin jahit, memiliki keahlian menjahit baju, dan memiliki ide kreatif yang berkaitan dengan model pakaian.

Hal tersebut harus Anda miliki demi kelancaran bisnis nantinya. Jika sudah memiliki itu semua, maka ada hal lain yang harus Anda lakukan agar keuntungan yang diperoleh semakin banyak. Berikut cara sukses menjalankan bisnis jahit yang saya dapatkan dari berbagai sumber berbeda yang saya satukan :

1. Mencari penjahit yang terampil
Penjahit yang sudah berpengalaman biasanya ingin dibayar tinggi. Jika Anda tak ingin menghabiskan banyak modal hanya untuk membayar si tukang jahit, maka carilah yang terampil. Untuk mendapatkan penjahit yang bisa diajak kerjasama, Anda bisa menyebarkannya melalui internet atau media cetak, seperti koran. Biasa nya dirumah rumah banyak penjahit yang menulis jasa pembuatan kemeja atau semacam nya didepan rumahnya, biasanya ia memiliki tarif yang tidak terlalu mahal dan bsa di andalkan.

2. Mencari tempat yang strategis
Untuk mendapatkan banyak pelanggan, Anda harus mendirikan tempat untuk usaha ini di lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis tersebut berarti selalu dilewati oleh banyak orang dan untuk menjakaunya tidak sulit. Dengan  begitu, akan banyak pengunjung yang datang meminta jasa Anda. Jika tempatnya terlalu terpencil siapa yang akan tau bahwa anda memiliki usaha demikian.

3. Memiliki wawasan tentang fesyen
Terkadang, Anda merasa kalah dengan para pesaing. Hal tersebut bisa saja terjadi karena Anda tidak mengikuti perkembangan zaman. Untuk mengatasinya, Anda harus memiliki wawasan tentang dunia fesyen dan mencari tahu model-model terbaru. Dengan begitu, Anda bisa memajang hasil kerja si penjahit agar masyarakat mengetahui kualitasnya.

4. Menjalin hubungan dengan pengusaha toko kain
Beberapa orang merasa bingung saat hendak membeli baju karena terbentur dengan ukuran. Untuk itu, cara yang bisa Anda lakukan adalah mencoba membuat sampel baju yang dijahit sendiri kemudian memasarkannya pada masayarakat. Dengan berbekal kain-kain cantik yang didapat dari toko kain, Anda bisa berkreasi dengan model-model terbaru dan mencoba menjualnya. Model model jaman sekaraang sangat banyak, jadi jangan lupa untuk terus memperhatikan social media yang isi nya penuh dengan fashion.

5. Mempromosikan usaha yang dijalani
Agar keuntungan yang didapat semakin besar dan usaha yang dijalani semakin berkembang, Anda perlu melakukan promosi. Promosi bertujuan agar masyarakat mengenal tempat Anda. Promosi yang bisa dilakukan yaitu dengan cara memasarkannya dari mulut ke mulut atau word of mouth. Promosi ini merupakan cara yang paling efektif dan tidak dikenakan biaya sepeser pun.
Cara lain untuk mempromosikan usaha yang dijalani adalah bekerjasama dengan sekolah, kantor, atau instansi-intansi tertentu. Anda bisa menawarkan mereka untuk bekerjasama, seperti membuatkan seragam kantor, sekolah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapat akan semakin meningkat.
Itulah cara sukses menjalankan bisnis jahit. Untuk memulai usaha jahit ini paling tidak Anda bisa menyediakan mesin jahit, mesin obras dengan total modal untuk membelinya sekitar 1 – 2 juta rupiah. Lalu, ditambah dengan peralatan pendukung lainnya, seperti penggaris, meteran, benang, jarum, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar