Event pameran memang bisa menjadi ladang promosi yang
potensial bagi pemilik Usaha Kecil Menengah atau UKM. Dengan memanfaatkan
potensi kunjungan beragam konsumen di lokasi pameran, diharapkan semakin banyak
yang mengenal dan bukan tidak mungkin menjadi langganan di kemudian hari.
Inilah yang menjadikan pameran-pameran bertema promosi UKM
semakin banyak saja diselanggarakan. Pihak penyelenggarapun semakin aktif
menyusun konsep yang lebih segar agar pameran atau bazaar yang diselenggarakan
bisa banyak menarik minat konsumen. Tidak hanya sekedar event kumpul-kumpul,
diharapkan pameran promosi UKM juga bisa membuka kesempatan memperluas jaringan
bagi tiap pemilik usaha.
Melihat besarnya keuntungan mengikuti sebuah pameran, lalu
bagaimana tips memanfaatkan adanya event pameran tersebut untuk kian memperkuat
brand serta meningkatkan penjualan bisnis UKM
1. Perhatikan Tema Pameran
Tema pameran menjadi poin nomor satu yang harus diperhatikan
oleh pemilik UKM. Hal ini menjadi sangat penting agar jangan sampai usaha Anda
mengikuti pameran justru berakhir sia-sia. Pastikan bahwa tema pameran sesuai
dengan jenis UKM anda. Seperti misalnya jika kita melakukan promosi UKM
produksi jajanan, tentu kita harus memilih pameran dengan tema kuliner atau
produk lokal. Jangan sampai kita masuk di pameran UKM fashion atau yang tidak
sejalan lainnya.
2. Pilih Event Organizer yang Berpengalaman
Tawaran mengikuti pameran kini memang semakin banyak
digelar. Dengan tawaran berbagai fasilitas serta harga yang bersaing,
diharapkan penyelenggara pameran bisa merangkul banyak unit usaha untuk
bergabung.
Namun tidak sedikit pameran yang berakhir mengecewakan
karena proses manajemen event organizer pameran yang buruk. Kurang berjalannya
komunikasi serta hal teknis lain menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara
yang tidak boleh diacuhkan. Oleh karena itu kita harus lebih selektif memilih
pameran dengan EO yang sudah berpengalaman untuk mendukung promosi UKM.
Semakin banyak event yang pernah ditangai oleh sebuah EO
tentu semakin berpengalaman pulalah EO tersebut. Dampaknya UKM peserta tidak
perlu risau dengan kelancaraan jalannya pameran. Tips lain yakni dengan mencari
informasi dari EO terpercaya yang sudah pernah kita ikuti. Tanyakan perihal
adanya pameran yang bisa kita ikuti.
3. Tentukan Lokasi yang Strategis
Lokasi menentukan prestasi, ungkapan tersebut tentu selalu
benar utamanya dalam dunia bisnis. Oleh karena itu lokasi pameran juga harus
Anda perhatikan sebelum mengikuti sebuah pameran. Lokasi di sini terbagi
menjadi 2 hal, yakni lokasi dimana pemeran diadakan dan lokasi stand dimana
kita akan menggelar promosi UKM kita.
Untuk lokasi pameran, pantau terlebih dahulu apakah lokasi
tersebut mudah dijangkau banyak pengunjung. Selain itu pertimbangkan pula
target pasar dari bisnis UKM kita, apakah masyarakat di sekitar lokasi pameran
juga termasuk target tersebut. Masuk ke dalam pameran, pilihlah stand yang
mempunyai view luas dan jelas.
Saran yang bisa dipilih diantaranya yakni disekiran pintu
masuk atau di persimpangan jalur pengunjung yang kemungkinan bisa selalu
dilihat banyak orang. Memilih stand potensial tentu berhubungan erat dengan
biaya sewa stand, jadi pertimbangkan juga dengan budget usaha Anda.
4. Perlengkapan Promosi yang Memadai
Sebagai persiapan mengikuti pameran, tentu kita harus
membawa hal hal penting disamping produk yang akan kita tawarkan. Dan salah
satunya yakin media promosi.
Media promosi yang bisa kita bawa diantaranya seperti
phamplet, stand banner, souvenir hingga kartu nama. Jangan lupa juga bagi Anda
yang bergerak di bidang kuliner untuk membawa sample makanan agar bisa dicoba
oleh pengunjung. Dan sebagai bahan follow up, kita juga bisa menyiapkan buku
pengunjung dimana nanti mereka bisa mencantumkan alamat atau nomor telepon.
Anda juga perlu menyapkan kardus yang banyak untuk mempak barang” bawaan anda,
karena kardus termasuk bahan yg mudah untuk di isikan barang” yang banyak, beli
lah kardus di distributor kardus agar harga lebih murah.
Berbekal data tersebut, kita bisa melakukan promosi
berkelanjutan untuk menjaring lebih banyak konsumen.
5. Memperkaya Referensi Jadwal Pameran
Tips terakhir yakni dengan selalu update informasi pameran
UKM yang akan dilakukan. Dengan makin berkembangnya teknologi kini kita semakin
mudah mendapatkan informasi tersebut lewat media online seperti #media sosial,
web UKM, serta forum online. Selain itu, kita juga bisa mencari secara offline
lewat kantor Dinas Ketenagakerjaan atau badan-badan lain yang terkait.
Memilih pameran yang tepat tentu bisa memberikan efek
positif bagi usaha kita. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu
perkembangan serta promosi UKM kita agar lebih produktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar