Senin, 07 Agustus 2017

7 Tips Merawat Lensa Kamera

Hidup di jaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang ahli mencari uang jajahan tambahan. Dengan memanfaatkan hobi atau keahlian yang di milikinya mereka dapat menghasilkan uang tambahan, saat ini banyak sekali keahlian yang ada punya dapat bermanfaat yang bisa di jadikan mata pencarian. Seperti service komputer, jasa desain company profile, hingga fotografer. Di jaman modern saat ini banyak sekali fotografer bermunculan, membuat banyak sekali pesaing bisnisnya. Ketika anda sudah memiliki sebuah pesaing jelas harus memikirkan kualitas yang berbeda dari pesaing anda, seperti perawatan alat yaitu lensa karema. Berikut ada 7 tips merawat lensa kamera yang bisa anda pelajari .

  • JAGA KEBERSIHAN

Dalam menjaga kebersihan sering sekali banyak anak muda mengabaikan, dengan pemakaian yang sembarangan, sering kali ini terlulang ulang tentu hal tersebut akan membuat kamera yang di miliki akan lebih muda beresiko terkena jamur pada lensa. Anda harus pinta memperhatikan kebersihan lensa dan harus bijak saat menggunakan serta mengnyimpan kamera tersebut
  • DRY BOX

Selanjutnya ia lah menggunakan dry box, memang hal ini di perlu kan budget tambahan. Dry box adalah kotak yang di khusukan untuk menyimpan perangkat optik seperti lensa dan body kamera tentunya dengan suhu yang sudah diatur sesuai standar yang ditentukan agar perangkat tetap terjaga.

  • BERSIHKAN BODY SECARA RUTIN

Untuk menjaga kualitas kamera jelas perlunya perawatan yang cukup rutin, sebaiknya anda bersihkan body kamera menggunkan minyak kayu putih. Kenapa menggunakan minyak kayu putih? Karena kandungan yang di miliki minyak kayu putih bisa membuat lebih cepat kering. Tetapi untuk lebih aman anda bisa membeli cairan pembersih kamera yang sudah tersedia toko-toko kamera terdekat anda. Jangan lupa gunakan kain yang halus agar tidak merusak bodi kamera kita. Selain kandungan air yang sedikit Minyak Kayu Putih juga dapat mengangkat kotoran-kotoran yang lengket pada bahan plastik termasuk bahan karet pada ring zoom dan ring fokus yang terdapat pada lensa kamera kita.
  • CAPS LENSA

Jangan lupa selalu tutup lensa kamera kita dengan caps penutup selagi kamera kita tidak digunakan (baik saat dalam penyimpanan maupun dalam kondisi kegiatan pemtrotretan).
  • PASANG FILTER

Bagi kita yang menyukai fotografi yang mengedapankan kecepatan seperti dokumentasi lapangan, sepak bola, dll maka disarankan untuk menggunakan filter diujung lensa dari kamera kita. Untuk jenis filternya sendiri dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Namun kebanyakan para fotografer menggunakan filter UV yang bersifat netral. Selain dapat memberikan efek tertentu, filter ini juga dapat melinndungi optik lensa kita dari debu dan benturan dari benda-benda yang tidak kita harapnkan.
  • BERSIHKAN OPTIK

Hendaklah kita selau rutin membersihkan optik lensa kita dengan menggunkan kain yang halus atau pembersih kusus untuk lensa. Jangan membersihkan optik lensa dengan menggunakan tisu, karena tisu memilik tekstur yang kasar dan cenderung akan memberikan goresan pada optik lensa kita. Apalai kaos yang sedang kita kenakan, terkadang jika kita sudah berada di lapangan kita malas sekali untuk berhenti sejenak dan membersihkan optik lensa kita dengan layak. Kita hanya reflek membersihkannya dengan kain kaos yang sedang kita kenakan. Ini hanya akan memperburuk kualitas dari lensa kita jika kita terlalu sering memperlakukannya seperti ini
  • HINDARI KONTAK LANGSUNG


Nah inilah hal yang paling rawan menjadi bibit jamur di lensa kamera kita. Hindari kontak/sentuhan langsung ke bagian optik lensa dengan jari atau tangan kita. Hal ini sangat penting karena bagian tubuh kita cenderung basah dan lembab, tentunya jika kita gunakan untuk mneyntuh optik maka akan meninggalkan bekas/noda. Dan jika dibiarkan terlalu lama maka noda tersebut akan menjadi cikal bakal tumbuhnnya jamur di lensa kamera kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar