Sabtu, 05 Agustus 2017

7 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk kesehatan

Siapa yang tidak pernah mendengarkan musik? Di dunia ini hampir setiap orang sudah mendengarkan sebuah alunan musik yang syadu. Musik apakah yang anda senangi? Di jaman modern saat ini banyak sekali jenis musik ada di dunia, mulai dari jazz sampai dengan dangdut. Entah tua maupun anak kecil pasti sangat suka dengan mendengarkan musik, banyak sekali manfaatnya yang bisa di dapatkan ketika mendengarkan alunan musik. Selain untuk menghilangkan rasa bete atau jenuh ketika mudik menggunkan sewa mobil elf jakarta apakah kamu sudah mengetahui manfaat lain mendengarkan musik? Berikut informasi yang bisa anda pelajari agar anda mengetahui manfaat mendengarkan musik itu baik untuk anda.
  • Musik menurunkan stres

Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangka kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.
  • Baik untuk kesehatan jantung

Anda mungkin berpikir bahwa musik tak ada kaitannya dengan jantung. Namun penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.
  • Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan

Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.
  • Menyehatkan otak dan mencegah kepikunan

Mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempretahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.
  • Meningkatkan kualitas tidur

Musik menenangkan pikiran dan jiwa sehingga membantu Anda tidur nyenyak. Di samping itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta menyembuhkan insomnia.
  • Membuat pasien rileks sebelum operasi

Seringkali pasien merasa takut dan stress ketika akan sedang menunggu untuk dioperasi. Dengan mendengarkan musik, pasien dapat bersantai dan memenangkan pikiran.
  • Meningkatkan perkembangan fisik dan mental janin


Janin yang selalu diperdengarkan musik sejak dalam kandungan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu, mereka akan memiliki kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar