Jumat, 29 April 2016

Ibu rumah tangga bisa lakukan bisnis ini



Tingginya biaya hidup di zaman sekarang ini menuntut banyak ibu rumah tangga ikut turun tangan mencari nafkah bagi keluarga mereka. Sebagian dari mereka ada yang memilih untuk bekerja kantoran, sementara yang lainnya lebih suka membangun bisnis rumahan. Merintis bisnis pribadi banyak diminati selain karena keuntungan yang menjanjikan juga karena dengan pekerjaan tersebut itu artinya mereka tetap bisa mengurus keluarga.
Karena itu tak mengherankan bila banyak istri yang berlomba menemukan bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan.


1. Laundri kiloan
Kalau di sekitar rumahmu terdapat banyak wanita karir, anak mahasiswa, atau karyawan single yang kemungkinan besar tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri, kenapa tidak membuka jasa laundri kiloan saja? Ya dengan bisnis di bidang jasa ini kamu bisa mendapatkan banyak uang tanpa perlu keluar rumah. Keberadaan laundri kiloan di zaman serba sibuk ini semakin dibutuhkan.


2. Catering keluarga
Usaha kedua yang tak kalah menarik untuk dicoba oleh ibu rumah tangga adalah catering keluarga. Ya bisnis catering sangat pas dilakoni oleh kamu yang memang pandai dan menyukai bidang masak memasak. Kamu bisa memasarkan catering kepada ibu-ibu rumah tangga yang sibuk atau mungkin malas memasak untuk menggunakan jasa catering-mu ini.


3. Jasa penitipan anak
Banyak wanita karir mengeluhkan kerepotan menjaga anaknya saat harus pergi ke kantor. Keadaan dibuat makin sulit tatkala mencari asisten rumah tangga untuk mengurus anak tidaklah gampang. Jikalau ada, terkadang para ibu ini juga khawatir dengan keselamaran anaknya. Nah di tengah situasi yang super ribet ini nih sebenarnya ada usaha yang bisa kamu kembangkan yakni menjaga anak. Selain bisa mendapatkan uang dari fee menjaga anak orang, kamu juga bisa tetap menjaga buah hatimu sendiri.


4. Membuka jasa jahit pakaian
Fashion dan perempuan adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Maka dari itu tak mengherankan kalau banyak kaum hawa menyenangi bidang fashion, salah satunya yakni jahit menjahit. Tidak sedikit pula perempuan yang secara khusus mempelajari cara membuat pakaian. Nah bila kamu adalah salah satunya, manfaatkan keahlianmu ini untuk mendapatkan uang dengan cara membuka jasa menjahit pakaian. Tidak hanya pakaian robek yang bisa ibu jahir , kamu bisa membeli kain di distributor lalu menyebarkan kepada konsumen bahwa anda bisa membuatkan kemeja atau kaos, kamu bisa membuka jasa pembuatan kemeja yang penghasilannya lebih besar daripada hanya sekedar menjahitkan.


5. Translator freelance
Tidak hanya jasa jahit pakaian saja, skill lainnya yang juga bisa “dijual” untuk menghasilkan uang adalah dengan membuka jasa penerjemah teks. Sekarang ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa seperti ini, baik untuk menerjemahkan dokumen atau teks dalam bahasa asing yang nantinya sang penerjemah akan dibayar. Menariknya jenis bisnis tersebut tidak mengharuskan  pekerja untuk datang ke kantor alias kamu bisa mengerjakannya dari jauh. Pengiriman hasil terjemahan dilakukan via internet hingga siapa saja bisa mengerjakan dari mana pun.


6. Jasa perangkai bunga
Bisnis keenam yang mungkin kamu kerjakan sebagai ibu rumah tangga adalah dengan membuka jasa perangkai bunga. Ya keperluan akan buket bunga mulai untuk kepentingan kencan, pernikahan, hingga kematian memang membuat bisnis ini memiliki prospek yang cukup baik. Kamu dapat membuka jasa perangkai bunga yang nantinya akan dijual kepada orang yang membutuhkan.


7. Les privat di rumah
Bagi kamu yang senang dengan kegiatan mengajar orang lain, dirimu bisa membuka jasa les privat di rumah. Karena sekarang ini ada banyak anak-anak sekolah yang membutuhkan les privat maka bisa dipastikan membuka les privat akan sangat menjanjikan.


8. Penjual online
Jenis usaha terakhir yang bisa kamu lakukan sebagai ibu rumah tangga adalah menjadi penjual online. Ada banyak komoditas dagangan yang dapat dijual, mulai dari pakaian sampai dengan makanan. Bila kamu tidak berani membeli barang sendiri kamu dapat mencoba menjadi dropshipper terlebih dahulu. Dengan cara ini selain kamu bisa belajar menjual barang dengan resiko minim, kamu juga bisa menganalisis barang apa yang kira-kira laku dijual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar