Kamis, 21 April 2016

Penting nya belajar Desain grafis



Sebelum ke bagaimana penting nya desain grafis, kita harus mengenal apa sih desain grafis itu , apa saja sih yang dimaksud desain grafis . semua nya perlu diketahui agar mendapat pengetahuan yang cukup.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakanteks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Senidesaingrafismencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahangambar, dan
 page layout


Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisiuntuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif.Desaingrafismelingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasiguna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.Desaingrafis diterapkan dalamdesainkomunikasi dan

 fine art Seperti jenis komunikasi lainnya,desaingrafis dapat merujuk kepada proses pembuatan(mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan).Desaingrafis padaawalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman,desaingrafis jugaditerapkan dalam media elektronik -
yang sering kali disebut sebagai “desaininteraktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design’)
Unsur dalamdesaingrafis sama seperti unsur dasar dalamdisiplindesainlainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk  shape, bentuk ( form), tekstur,
garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desainvisual. Prinsip- prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan(emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.4.2 Software desain grafisAda beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing

Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Adobe Freehand
Adobe image ready
CorelDraw
Adobe Page Maker
Paint Tool SAIWebdesign
Adobe Dreamweaver
Microsoft Frontpage
Notepad
Adobe PhotoshopAudiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director 

Rendering 3 Dimensi 3D StudioMax
Maya
AutoCad
Google SketchUp
Light Wave
Blender
Softimage
Manfaat Desain grafis bagi generasi muda

Berikut adalah manfaat desain grafis bagi para generasi muda :

1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.

2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum)sehingga dapat diimlementasikan di dalam lingkunganya.

3. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.

4. Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis.
Pada era modern saat ini , memang ilmu desain sangat penting bagi kehidupan ,terutama para generasi muda yang memiliki ilmu desain . Karena segala sesuatunyamembutuhkan desain di era modern ini . Terutama bagi para generasi muda yangmemiliki kreativitas dapat berbicara banyak dalam lingkungan hidupnya sehari hari.

Hingga saat ini, kebutuhan orang akan desain makin meningkat, misalnya ada perusahaan baru, mereka memerlukan desain grafis untuk mendesain perusahaan nya dll, jika anda belajar desain grafis hingga mahir atau ahli , biasa nya anda akan sering mendapat proyek yang besar, namun jika anda adalah pemula, membuat jasa juga sudah sangat membantu per ekonomian . anda bisa memulai dengan jasa pembuatan logo perusahaan misalnya , seiring waktu nanti pasti ada yang meminta jasa anda dengan lebih, proyek yang lebih besar akan menghampiri hasil desain mu. Kamu tidak perlu bingung mau cari kemana kemana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar