Senin, 11 Desember 2017

5 Tips Merawat Aki Motor

Di jaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang berlomba lomba meraih kesuksesan dari usia muda, mereka berkorban untuk sekolah tinggi-tinggi seperti mempelajari program akuntansi yang akan menjadi modal mereka meraih kesuksesan. Selain itu anak muda saat ini mempunyai sepeda motor yang sangat bagus dan keren-keren, apakah anda salah satunya? Namun dengan dorongan perkembangan jaman saat ini tak sedikit dari mereka belum mengerti merawat AKI, apakah anda mengetahui Aki? Aki adalah salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti lampu utama, lampu sign, dan klakson. Untuk menjaga kualitasnya, aki juga perlu dirawat agar tidak cepat soak. Ada beberapa kinerja yang sebaiknya Anda lakukan terhadap sepeda motor untuk menjaga kinerja aki. Berikut adalah tips kami untuk merawat aki motor anda
  • Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda

Sebaiknya Anda tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor. Misalnya menambah lampu-lampu lain dengan tegangan listrik yang lebih tinggi, perangkat audio rakitan, atau mengubah tipe klakson motor melebihi batas yang dianjurkan.
Jangan Memaksa Starter Elektrik Bila Motor Sulit Dinyalakan
Jika starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber daya tidak dapat berfungsi, sebaiknya langsung gunakan starter manual (engkol). Jika dipaksakan, aki akan cepat soak dan akan terus menurunkan daya aki.
  • Panaskan Mesin Sebelum Melakukan Perjalanan

Seiring berjalannya waktu, sel-sel yang terdapat di dalam aki akan menjadi mati (kering). Maka untuk mencegahnya, Anda harus menyalakan (memanaskan) motor Anda minimal 15 menit setiap harinya. Gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.
  • Pastikan Seluruh Lampu Mati

Pada saat hendak mematikan mesin motor, usahakan agar komponen kelistrikan lainnya seperti head lamp dan lampu sign dalam kondisi mati. Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.
  • Periksa Kondisi Kiprok

Kiprok berfungsi sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.
  • Pastikan Tidak Ada Kebocoran Pada Aki


Jika memang terjadi kebocoran, segera ganti aki lama Anda dengan aki baru yang dijual di bengkel-bengkel resmi dan di Planet Ban terdekat di kota Anda. Aki yang bocor mengandung bahan yang beracun dan mudah meledak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar