Dalam menjalankan usaha bisnis memang tidak
mudah seperti membalikan tangan dari atas kebawa, dalam menjalakan suatu usaha
bisnis banyak sekali masalah, dan masalah tersebut pastinya tidak ada habisnya
dari mulai masalah modal,karyawan, konsumen, dll memang menjadi masalah dalam
penggelutan menjalankan suatu usaha bisnis. Jelas anda harus pintar menanggapi
permasalahan tersebut. Dalam menjalakan suatu usaha bisnis sangat jelas
konsumen adalah target utama, karena dari konsumenlah anda akan mendapatkan
sebuah keuntungan. sebelum ke artikel selanjutnya apabila anda dalam usaha sulit untuk menaruh barang dagangan , anda bis menggunakan kardus dari distributor kardus untuk menaruh barang dagangan anda.
Tapi bagaimana cara membuat konsumen balik kembali membeli
produk yang anda jual?
- Ciptakan Kesan Baik
Untuk mengambil hati para konsumen, buatlah
mereka merasa senang dengan sambutan yang Anda berikan. Minimal lakukan 3S+1A
(Senyum, Salam, Sapa dan Antusias) pada setiap pelanggan yang datang kepada
Anda. Dengan begitu kesan pertama yang diberikan kepada pelanggan akan tampak
positif dan meninggalkan kesan tersendiri di hati para pelanggan, sehingga
mereka tidak ragu lagi kembali membeli di tempat Anda.
- Tonjolkan perbedaan dengan yang lain
Dalam menjalakan sebuah bisnis jelas banyak
sekali saingan anda, untuk menarik seorang konsumen atau pelanggan anda harus
menciptakan suatu hal yang berbeda dengan para pesaing anda. Contohnya dalam
ketika produk anda yang akan di bawa pulang atau di bungkus anda menyiapkan
suatu packanging, karena anda menggunakan sebuah jasa desain kemasan prefesional maka hasil dari
packaging yang di ciptakan menarik, unik, dan kreatif itu dapat membuat
konsumen lebih memilih anda.
- Berikan Service Tambahan
Jika biasanya para pelaku usaha atau pemasar
hanya memberikan apa yang diminta para pelanggannya. Mulai sekarang usahakan
untuk berinisiatif memberikan nilai lebih kepada setiap pelanggan Anda,
misalnya dengan memberikan ide, produk atau jasa yang lebih dari harapan
mereka.
- Konsumen Adalah Raja
Istilah pelanggan adalah raja tentunya
menekankan kepada kita sebagai pelaku pasar maupun pengusaha untuk menganggap
setiap pelanggan sebagai orang penting. Strategi tersebut akan membuat para
pelanggan merasa dihargai, sehingga mereka tidak memiliki niat berpindah ke
tempat lain.
- Bantu Keinginan Konsumen
Kebanyakan para pelanggan datang ke usaha Anda
dengan tujuan mencari solusi bagi masalah yang dihadapinya. Karena itu usahakan
untuk tidak mengecewakan para pelanggan Anda dan jadilah solusi bagi
permasalahan mereka.
- Bersahabat
Salah satu strategi pemasaran yang wajib Anda
lakukan yaitu menjadikan setiap konsumen sebagai teman Anda. Prinsip ini akan
memudahkan Anda untuk membangun loyalitas konsumen, sehingga mereka merasa
dekat dan tidak segan untuk berlangganan produk atau jasa yang Anda tawarkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar