Senin, 06 Juni 2016

Bisnis Yang Cocok Dijalankan Di Pedesaan



Bisnis Yang Cocok Dijalankan Di Pedesaan – Desa identik dengan suasana yang jauh dari keramaian dengan dipenuhi lahan persawahan yang membentang luas. Tampak pula tempat peternakan ikan dan hewan ternak seperti domba, kuda dll.


Suasana desa yang alami dan jumlah penduduk yang masih jarang membuat potensi desa sangat besar untuk dikembangkan. Penulis sendiri berada di pedesaan sudah lima tahun lamanya. Suasana desa yang damai dan tenang dimana sangat berbeda dengan suasana kota yang padat dengan dipenuhi berbagai aktifitas manusia. Kebanyakan mata pencaharian orang desa adalah petani, kuli dan peternak.


Jika anda berada di desa dan sedang mencari peluang bisnis terbaru di desa maka artikel ini sangat cocok dibaca. Karena pada kesempatan kali ini penulis hendak membahas mengenai bisnis yang cocok dijalankan di pedesaan. Banyak sekali jenis usaha yang dapat dijalankan di pedesaan dengan modal kecil dan potensi penghasilan yang lumayan besar. Pendek kata membuka usaha bisa dijalankan di desa maupun di kota. Adapun kelebihan membuka usaha di desa adalah masih kurangnya persaingan bisnis.


Menurut pengamatan penulis langsung di pedesaan maka jenis usaha yang dijalankan oleh orang-orang desa antara lain :


1. Beternak ayam kampung dan beternak ayam boiler. Potensi usaha di bidang peternakan ayam. Ayam merupakan makanan yang disukai banyak orang untuk diambil daging, ati dan dalamannya. Bahkan menurut data kementerian pertanian bahwa Indonesia masih kekurangan pasokan daging ayam. Peluang usaha inilah yang dapat diambil oleh penduduk desa dengan modal minim namun potensi keuntungan lumayan besar. Peternakan ayam bisa skala rumah tangga maupun skala besar.

2. Beternak ikan lele, mas, mujair, patin dan jenis ikan lainnya. Potensi usaha di bidang perikanan. Beternak ikan lele dapat dijadikan pikihan usaha yang tepat di kampung mengingat usaha ini mudah dalam pengelolaannya. Adapun pakan ikan lele bisa berasal dari sisa-sisa makanan, sayur, kangkung dll. Bisnis usaha ternak ikan lele dan ikan lainnya dapat dijadikan sebagai usaha sampingan dengan modal kecil namun potensi keuntungan sangat besar. Sungguh sayang untuk dilewatkan.

3. Bisnis budidaya tanaman hias. Usaha ini sangat cocok dijalankan di desa mengingat lahan desa yang masih luas dan subur serta udara desa yang masih alami. Anda bisa membudidayakan sebuah tanaman yang memiliki nilai jual tinggi.

4. Membuka usaha menjahit pakaian.
Di pedesaan jarang sekali orang yang memiliki keterampilan dan memiliki bahan dll, untuk itu usaha ini sangat berpeluang sebenarnya. Pakaian para petani yang sobek ataupun membuatkan pakaian sangat special bagi mereka. Pasang saja spanduk bertulisan jasa bikin kaos atau jasa perbaiki pakaian. Mereka akan pay off jasa anda. Usaha ini bukan hanya mencari uang namun juga membantu orang yang tidak mampu dalam hal memperbaiki pakaian nya.

5. Membuka usaha bimbingan belajar.

6. Menjalankan usaha pangkas rambut

7. Menjalankan bisnis di internet sebagai publisher adsense, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar