Kamis, 05 April 2018

10 Tahapan Belajar Fotografi Dengan Mudah


Dizaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang suka melakukan memotret suatu objek,  apakah anda salah satunya? Dengan kemajuan zaman saat ini banyak sekali anak muda suka dengan fotografi, oleh karena itu jika anda pun termasuk orang yang suka melakukan hobi tersebut itu merupakan hal yang wajar. Tapi apakah anda sudah mengetahui apa itu fotografi?Fotografi bukan merupakan cara menekan tombol shutter, tetapi fotografi adalah seni yang rumit dan fotografi merupakan karya yang selalu berkembang. Jika anda membeli kamera DLSR yang cukup mahal hanya untuk memamerkan kepada orang lain tidak untuk mengembangjan keahlian, itu adalah hal yang bodoh. Untuk belajar fotografi sebaiknya memulainya dari step by step, jangan terlalu cepat mengambil keputus untuk langsung belajar ke yang susah jika anda tidak memulai dari awal bagaimana tau tehnik dasarnya jika ingin langsung pada tahap yang paling sulit? Dalam fotografi anda tidak hanya belajar materi saja, kreatif pun sangat dituntut untuk mendapatkan hasil gambarnya menarik tidak seperti software akuntansi yang hanya membutuhkan kepintaran serta kefokusan saja.  Berikut beberapa pengetahuan dasar fotografi yang perlu Anda pelajari
  • Mengenal Kamera

Rekomendasi pertama adalah mengenal bagian-bagian penting kamera dan juga fitur serta kemampuan kamera Anda. Sebagai fotografer sudah seharusnya Anda menyatu dengan kamera Anda. Kenali dan pelajari fungsi dari tiap-tiap tombol yang tersebar di kamera Anda.
  • Cara Menekan Tombol Shutter

Tombol shutter adalah tombol yang Anda tekan untuk mengambil gambar (memotret). Cara menekan tombol shutter pada kamera DSLR berbeda dengan cara menekan tombol shutter pada kamera ponsel, saku (pocket) atau sekelasnya.
  • Mengenal Eksposur

Eksposur merupakan nyawa dari fotografi. Jadi, sangat direkomendasikan untuk Anda mengetahui dan menguasai apa saja yang berhubungan dengan eksposur ini.
  •  Mengenal Segitiga Eksposur

Eksposur dibentuk oleh 3 elemen / pengaturan yang disebut segitiga eksposur. Silahkan baca di sini untuk mengenal lebih jauh tentang segitiga eksposur. Sedangkan 3 elemen tersebut adalah:
    1. Shutter speed
    2. Aperture / difragma
    3. ISO

Setelah menguasai eksposur dan segitiga eksposur Anda bisa melakukan percobaan / praktek dengan menggunakan simulator kamera
  • Tentang Lensa

Kamera terbagi dua yaitu body dan lensa yang dihubungkan ke body kamera. Dan berikut artikel yang membahas tentang lensa:
    1. Mengenal jenis-jenis lensa
    2. Penjelasan kode pada lensa
    3. Cara menggunakan fokus pada lensa

  • Teknik Pengambilan Gambar


Ada cara yang benar yang diberlakukan sesuai kaidah fotografi untuk bagaimana cara mengambil gambar yang benar. Aturan ini disebut Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot).
  • Mengenal Sudut Pengambilan Gambar

Selain teknik pengambilan gambar, sangat direkomendasikan juga untuk Anda mengetahui macam-macam sudut pengambilan gambar (angle).
  • Tentang Fokus

Terbentukya fokus ini didukung oleh berapa hal. Anda perlu mengetahui apa saja yang berhubungan denga fokus.
    1. Cara menggunakan fokus pada lensa
    2. Cara mengatur AF Point atau titik area fokus

  • Settingan Kamera dan Teknik Motret

Ada beberapa settingan kamera yang perlu Anda kuasai dan ini berhubungan erat dengan hasil pemotretan atau kata lain mendukung hasil foto dan kreasi Anda. Selain itu, perlu juga untuk Anda mengetahui beberap teknik dasar yang dibutuhkan dalam pemotretan.
    1. Mengenal Light Meter dan fungsinya Mengenal macam-macam jenis shooting pada Drive Mode
    2. Mengenal White Balance (WB) dan cara penggunannya
    3. Mengenal Picture Style dan cara menggunakannya
    4. Mengenal Keseimbangan dan simetri
    5. Mengenal Rule of Thirds atau aturan pertiga


  • Mengenal Genre Fotografi

Seperti seni musik yang memiliki banyak aliran (genre), maka fotografi juga memiliki banyak aliran fotografi. Ada beberapa genre fotografi yang umum dan populer yang perlu Anda ketahui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar